PANCASILA
1.
Ketuhanan Yang Maha Esa
2.
Kemanusiaan yang adil dan
beradab
3.
Persatuan Indonesia
4.
Kerakyatan yang dipimpin oleh
hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratn/perwakilan
5. Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia
SATYA PRAMUKA
Demi kehormatanku aku berjanji akan
bersungguh-sungguh:
-
Menjalankan kewajibanku terhadap
Tuhan yang Maha Esa dan, Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila
-
Menolong sesame hidup dan ikut
serta membangun masyarakat
-
Menepati Dasadarma
DHARMA PRAMUKA
1.
Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.
Cinta alam dan kasih saying sesame
manusia
3.
Patriot yang sopan dan kesatria
4.
Patuh dan suka bermusyawarah
5.
Rela menolong dan tabah
6.
Rajin trampil dan gembira.
7.
Hemat cermat dan bersahaja
8.
Disiplin, berani dan setia
9.
Bertanggungjawab dan dapat dipercaya
PANDEGA
|
Tanggal
|
Paraf
|
1.
Islam
- Dapat menjelaskan makna Rukun Iman, Rukun
Islam, dan Ihsan serta memberikan
contohnya dalam bentuk tulisan
- Dapat menjama' dan mengqashar sholat serta
mampu menjadi Iman dalam Sholat berjamaah
- Mampu mengajak teman - teman untuk
melaksanakan puasa sunah
- Dapat merawat jenazah
- Dapat menjelaskan perbedaan zakat fitrah
dan zakat mal serta dapat menghitung nisab zakat mal
- Dapat menafsirkan ayat alquran dan hadist
secara tematik serta dapat menjelaskannya
Khatolik
- Dapat menyebut dan menghayati 5 (lima)
pondasi hidup gereja: bersekutu, beribadah, mendalami iman, saling melayani,
dan bersaksi
- Dapat menjelaskan dan mendeskripsikan
hierarki Gereja dalam bentuk tulisan
Protestan
- Dapat menyanyikan minimal 6 lagu Gerejani
dan memimpin nyanyian Gerejani
- Dapat memimpin doa dalam pertemuan
satuannya
- Dapat memimpin suatu kelompok dalam
mempelajari AlKitab
- Dapat membantu seorang calon Siaga atau
calon Penggalang sampai memenuhi SKU untuk Pramuka golongan Siaga tingkat
Siaga Mula atau golongan Penggalang tingkat Penggalang Ramu di bidang
pendidikan agama Protestan
Hindu
- Dapat menjelaskan sejarah perkembangan
Agama Hindu di dunia
- Dapat menjelaskan korelasi konsep
kepemimpinan Hindu dengan kepemimpinan moderen dalam bentuk tulisan
- Dapat menjelaskan fungsi Dharma Gita
sebagai bentuk pemantapan Sradha dan Bhakti Umat dalam bentuk tulisan.
- Berperan aktif dalam upaya pengembangan
Dharma Gita di Masyarakat.
- Berperan aktif dalam upaya pengembangan
ajaran yoga menuju masyarakat sehat secara physik maupun mental.
- Mampu menjelaskan konsep Catur Asrama dalam bentuk tulisan.
- Aktif di masyarakat dalam pelaksanaan
Meditasi.
- Berperan aktif dalam upaya peningkatan
pengetahuan keagamaan Hindu di tingkat Siaga dan Penggalang (konsep
Brahmacaria)
Buddha
- Menyebutkan bagian-bagian dari kitab suci
Tripitaka Bagian Sutta dan Abhidhamma Pitaka.
- Dapat menjelaskan pengertian sila dan
manfaat melaksanakan sila
- Mempraktikkan latihan Athasila setiap hari
Uposatha
- Melatih meditasi Vippasana pagi dan sore
- 1. Dapat memimpin dan
mengorganisir kebaktian (pagi dan sore) serta perayaan hari-hari besar Agama
Buddha; 2. Dapat membimbing cara membaca/melafalkan paritta-paritta suci
kepada Pramuka Penggalang sampai mencapai Penggalang Ramu
|
||
2.
Berani
mengajukan saran dan kritik untuk membangun desanya kepada aparat pemerintah
setempat
|
||
3.
Dapat
mengikuti dan atau memimpin diskusi Racana dan mampu mengambil keputusan
|
||
4.
Dapat
mengatasi suatu permasalahan/perselisihan yang terjadi dalam masyarakat
dengan bijak
|
||
5.
Mengikuti
pertemuan di Racana sekurang-kurangnya3 kali setiap bulan
|
||
6.
Setia
membayar iuran kepada Gugusdepannya, dengan uang yang seluruhnya atau
sebagian diperolehnya dari usaha sendiri, serta membantu Racana dan
Gugusdepan dalam mengelola administrasi keuangan
|
||
7.
Dapat
membuat tulisan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik serta dapat
memaparkannya di depan pertemuan
|
||
8.
Mampu
membuat perencanaan kegiatan ditingkat Racana
|
||
9.
Dapat
merencanakan dan memimpin kerja bakti sesuai keperluan masyarakat.
|
||
10. Telah memahami makna upacara adat di
masyarakatnya dan ikut berperan aktif
|
||
11. Dapat menjelaskan isi AD & ART Gerakan
Pramuka dalam bentuk tulisan.
|
||
12. Dapat menjelaskan tentang sejarah
kepramukaan Indonesia dan dunia dalam bentuk tulisan
|
||
13. Dapat menjelaskan tentang penggunaaan jam,
kompas, tanda jejak dan tanda-tanda alam serta tata cara pengembaran kepada
regu atau sangga
|
||
14. Dapat menjelaskan peran pemuda dalam
mengisi kemerdekaan dengan bentuk tulisan mampu
menganalisis dan menulis simbol-simbol nasionalisme indonesia (NKRI, Lambang
Negara, lagu)
|
||
15. Mampu menjelaskan fungsi dan peran
Indonesia dalam organisasi ASEAN dan PBB dalam bentuk tulisan
|
||
16. Dapat membuat proposal usaha mandiri
dengan baik dan dapat melakukan kegiatan wirausaha.
|
||
17. Dapat mengembangkan peralatan teknologi
tepat guna.
|
||
18. Dapat memberikan penjelasan tentang tali
temali dan pionering kepada Pramuka Penggalang/ Penegak
|
||
19. Sudah mengikuti Kursus Mahir Pembina
tingkat Dasar
|
||
20. mampu mengajarkan olahraga renang gaya bebas kepada orang
lain dan menguasai 2 (dua) cabang olahraga serta dapat menjadi instruktur
Senam Pramuka/Senam Kebugaran Jasmani (SKJ)
|
||
21. Dapat membahas dan menganalisis tentang
kesehatan Reproduksi
|
||
22. Dapat menjadi Perwira Upacara dan
Instruktur Baris Berbaris
|
||
23. Mampu melakukan penyuluhan tentang
penyebab dan cara pencegahan penyakit infeksi, degeneratif dan penyakit yang
disebabkan perilaku tidak sehat.
|
||
24. Melakukan perencanaan dan pengelolaaan
perkemahan dan atau pengembaran 3 hari berturut - turut
|
0 komentar:
Posting Komentar